Sepatu Bola yang Baik akan Menentukan Performa di Lapangan

Seorang pemain sepakbola butuh peralatan utama sebagai senjatanya di atas lapangan, dan sepatu bolanya akan menjadi senjata dan ciri khasnya. Maka dari itu seorang pemain akan selalu mempertimbangkan sepatu yang hendak dia pakai untuk bertarung di lapangan. Kesesuaian kaki wajib hukumnya, bukan sekedar warna dan tampilan semata.

Sepatu sepakbola sendiri mengalami banyak perubahan sejak pertama kali dikeluarkan tahun 1525, yang dipakai oleh raja Henry dari Inggris. Sepatu yang awalnya dilengkapi dengan paku yang menempel di bagian sol dan bahan yang terbuat dari kulit, serta menutupi seluruh kaki dari pergelangan sampai di atas engkel. Pada tahun 1500 dan 1800-an kebanyakan para pemain sepakbola adalah pekerja pabrik yang membuat paku sendiri di bagian bawah sepatu untuk bermain, dan pada saat itu memang sepatu itu menjadi sangat berbahaya dikarenakan pertandingan sepakbola saat itu belum terdapat aturan resmi sehingga banyak para pemain yang terluka dan patah tulang.

Kemudian pada tahun 1891 penggunaan sepatu mulai dirubah yang tadinya memakai paku dari besi dirubah ke bahan kulit, diameter pakunya 1,27 cm, serta bentuk paku sendiri haruslah bulat. Biarpun pada saat itu mulai mengalami perubahan, sepatu sepakbola masih menggunakan 6 buah paku pada bagian bawah sepatu.

Lalu masuk tahun 1940 sepakbola sudah semakin populer dan mulai banyak orang berinisiatif untuk menciptakan sepatu sepakbola yang lebih baik. Seiring berkembangnya teknologi, sepatu sepakbola kini tidak hanya sebagai pelindung kaki tetapi mulai dipikirkan bagaimana caranya untuk meningkatkan kemampuan para pemain di atas lapangan. Jika terlalu mementingkan untuk melindungi kaki, bisa jadi akan menghambat pergerakan pemain. Dari sini lah bahan plastik dan karet mulai jadi bahan utama sepatu karena bisa membuat bobot sepatu lebih ringan, dan membuat pergerakan pemain lebih leluasa.

 

Ciri-ciri Sepatu Bola yang Pas dan Nyaman

Salah satu yang menjadi kebanggaan pemain sepakbola adalah sepatu sepatu sepakbola. Saat ini banyak produsen sepatu sepakbola yang menawarkan kecanggihan dan keunggulannya. Sebaiknya dalam memilih sepatu sepakbola jangan terlalu fokus pada harga karena biasanya harga dan kualitas tidak bisa bohong. Sepatu sepakbola yang baik tentunya harus sesuai dengan bentuk dan kenyamanan di kaki Anda saat dipakai, dan jangan terlalu pas di kaki untuk menghindari luka.

Selain itu Anda harus memikirkan pula sepatu yang akan dipakai untuk setiap lapangan karena permukaan lapangan bola tidak lah sama yakni permukaan basah, kering, play wood, rumput sintetis, dan lapangan indoor. Untuk itu Anda harus menyesuaikan memilih sepatu sesuai dengan keadaan permukaan lapangan karena akan sangat membantu dalam mendukung performa bermain. Jika Anda sudah mengetahui jenis permukaan lapangan biasa Anda bermain, Anda bisa memilih sepatu bola dengan melihat jenis studs-nya, ada studs hard ground, firm ground, dan soft ground.

Pas di Kaki, tapi Tak Ketat

Pemakaian sepatu sepakbola atau sepatu futsal tentunya sangat berbeda dengan sepatu yang kita pakai sehari-hari, maka dari itu jangan sekali kali memakai sepatu bola atau futsal untuk kegiatan Anda di luar bermain sepakbola. Sepatu bola sebaiknya jangan terlalu pas di kaki, Anda bisa mengukur jarak ideal bagian dalam depan sepatu dengan ibu jari kaki, punggung kaki, dan tumit. Jadi supaya tidak terlalu pas atau terlalu longgar beri jarak kira-kira 5 mm dari ujung kaki.

Sebaiknya jika sepatu sudah terlalu lama dipakai didapati sol bawah mulai terkikis atau menipis Anda harus mengganti sepatu untuk menghindar cedera. Kemudian jika Anda berencana untuk membeli beberapa sepatu bola dan dipakai untuk waktu yang lama, belilah sepatu dengan ukuran yang sedikit lebih besar. Untuk mengakalinya Anda bisa menali sepatu dengan ikatan yang kuat, serta memakai kaos kaki yang tebal agar Anda tidak merasa kelonggaran.

 

Ketahui 5 Jenis Permukaan untuk Menentukan Tapak Sepatu

Permainan sepakbola memang permainan olahraga yang seru, siapa sih yang tidak suka sepakbola? Dari anak-anak hingga yang tua pasti menyukai olahraga ini, apalagi jika kita menonton langsung pertandingannya di pinggir lapangan atau stadiun. Berbagai lapangan bola yang ada, punya karakter permukaan yang berbeda yaitu: lapangan basah, rumput sintetis, kering, playwood, indoor.

Jenis lapangan berumput biasanya memakai 3 jenis studs yakni soft ground, firm ground, dan hard ground. Jenis Studs soft ground terbuat dari bahan yang kaku yaitu besi atau karbon dan bentuknya yang runcing dengan jumlah studs di sepatunya yang hanya 6 buah, sedangkan studs hard ground terbuat dari plastik atau karet yang lebih lunak dan bentuknya yang pendek, serta jumlah studsnya pada sepatu paling banyak ada 14 studs.

Lalu ada pula jenis studs indoor, kalau studs jenis ini biasanya dipakai di lapangan indoor atau biasa disebut permainan futsal yang lapangannya datar dan terbuat dari kayu. Studs indoor ini bahannya dari karet mentah. Kemudian terdapat lapangan dengan rumput sintetis yang biasa dijumpai di lapangan futsal dan lapangan ini cocok memakai studs jenis turf. Untuk turf ini punya ukuran yang lebih kecil yang terbuat dari karet yang menutupi di seluruh bagian sol sepatu.

Ada 3 Tapak Sepatu yang Beredar di Pasaran

Dahulu banyak sekali anak-anak dan yang dewasa bermain sepakbola di lapangan, walaupun hanya lapang kecil namun tetap happy saat bermain. Tapi sekarang sudah jarang bisa ditemui lapangan untuk bermain sepakbola kecuali di stadiun atau pun lapang indoor. Nah, seperti yang kita ketahui bahwa tipe lapangan berbeda. Maka dari itu Anda harus menyesuaikan sepatu dengan tipe lapangan untuk bisa bermain sempurna.

Berikut pembagian sepatunya :

  • Soft ground.
    Dari nama jenisnya kita bisa ketahui kalau tipe sepatu ini cocok untuk lapangan yang soft dengan bahan outsole dari plastik dan ujung stud menggunakan aluminium. Terdapat 2 stud di bagian belakang (pul), serta 7 stud di bagian depan.
  • Firm ground.
    Jika Anda bermain di lapangan yang agak keras, sangat cocok memakai sepatu tipe ini. Bahan yang dipakai dari plastik, dan sepatu ini punya 9 stud di bagian depan dan 4 stud bagian belakang.
  • Hard ground.
    Untuk lapangan yang mungkin bisa dibilang permukaan yang keras, cocok untuk memakai sepatu tipe hard ground yang menggunakan bahan dari karet. Terdapat 11 stud depan dan sisanya 4 stud di bagian belakang.

Cara Memilih Sepatu Bola Terbaru agar Awet dan Tahan Lama

Tentukan Ukuran dan Nomor Sepatu

Dalam hal memilih sepatu faktor yang utama adalah ukuran dan kenyamanannya. Untuk ukuran sepatu sebaiknya Anda pikirkan dengan cermat, supaya sepatu tidak terlalu sempit dan tidak terlalu longgar ada baiknya pada saat Anda ingin membeli sepatu Anda memakai kaos pula tujuannya untuk mencoba sepatu yang akan Anda beli. Ketika Anda mencoba memakai kaos kaki tentu Anda bisa mengukur seberapa pas ukuran dan kenyamanan Anda saat membeli sepatu nantinya karena kaos kaki untuk sepakbola biasanya lebih tebal dibandingkan kaos kaki untuk sehari-hari.

Menurut para pakar penelitian kaki seukuran orang dewasa dikatakan masih dapat berubah, dan para ahli mengatakan bahwa dalam setahun minimal Anda melakukan 2 kali pengukuran agar memudahkan Anda untuk memilih sepatu.

Cek Kenyamanan

Pada saat Anda di toko untuk membeli sepatu, tentu Anda akan mencobanya terlebih dahulu. Dalam memilih sepatu sepakbola ada perhatian khusus yang perlu diperhatikan agar tidak salah pada saat digunakan di lapangan. Ketika Anda mencoba inilah harus benar merasakan bagaimana kualitas dan kenyamanan dari sepatu tersebut. Anda bisa mencoba dengan berjalan atau lari kecil di tempat untuk mengukur tingkat fleksibilitasnya, dan jangan lupa untuk mencobanya dengan kaos kaki bola juga.

Jangan menganggap sepatu bola dapat dijadikan sebagai sepatu multifungsi karena tekstur dan tingkat fleksibilitasnya sangatlah berbeda, begitu pula dengan desainnya. Lalu untuk mengukur kenyamanan kaki saat menendang bola coba tekuk bagian depan sepatu, saat bagian depan sepatu yang ditekuk mencapai sepertiganya dapat dikatakan sepatu itu baik.

Cek Kekuatan

Saat Anda memilih sepatu bola, selain mengukur ukuran sepatu serta kenyamanannya Anda pun harus mencoba mengukur bagaimana kekuatan sepatu bola tersebut. Ada cara yang simpel untuk mengetahui kuat atau tidaknya sepatu bola tersebut, yakni Anda dapat menekan ujung bagian belakang sepatu kemudian rasakan kuat atau tidaknya. Jika pada bagian belakang tersebut kuat, dapat dipastikan sepatu bola Anda bertahan lama.

Kenapa harus bagian belakang yang diukur? Pada bagian sepatu merupakan bagian tumit kaki, jadi bagian belakang sepatu bola tersebut harus lah kokoh untuk menopang tumit. Biasanya pada bagian dalam sol belakang sepatu bola dipasang bahan bantalan udara tebal yang ringan dan empuk yang tujuannya agar dapat menahan benturan pada tumit ketika berlari.

Pilih Spull yang Baik

Anda pasti sudah mengenal beberapa produsen sepatu bola seperti Nike, Adidas, Puma, New Balance, dan lainnya. Pada sepatu bola, yang juga perlu diperhatikan adalah bagian pull sepatu atau bagian bawah sepatu yang memudahkan pemain untuk berlari di lapang. Sepatu Nike dan Adidas sendiri biasanya punya jumlah spull 11 hingga 13 buah. Umumnya studs atau spull sepatu bola ada tiga bentuk, yaitu bulat atau bentuk klasik yang disebut moulded, screw studs, dan model blade yang merupakan model terbaru. Setiap studs punya kegunaan masing-masing bergantung pada jenis lapangan yang dipakai.

Berikut fungsi dari studs tersebut :

  • Moulded. Jenis studs ini yang banyak ditemui pada sepatu bola terutama di Indonesia karena lapangannya yang cenderung keras sehingga cocok untuk studs ini. Bahan studs sendiri dari jenis polimer atau plastik dengan jumlah 10-20 buah. Lalu kelebihan dari studs moulded ini mampu meningkatkan grip saat pemain melakukan manuver, dan stabil apabila digunakan di lapangan sintetis.
  • Blade. Studs ini merupakan pengembangan dari moulded, namun perbedaannya hanya bentuknya saja yang tidak lagi bulat yakni berbentuk mirip garis atau sayatan (blade). Jumlah studsnya pun hampir sama 10-15 buah. Alasan pengembangan jenis studs ini karena gaya permainan sepakbola saat ini yang semakin enerjik dan cepat sebab kemampuan studs blade dalam traksi di lapangan dan memiliki respon yang lebih baik saat pemain melakukan perubahan kecepatan larinya.
  • Screw in/mur. Jika Anda bermain di lapangan dengan rumput yang lembut dan tebal cocok dengan jenis studs ini yang terdiri dari 6-10 buah. Bentuk studs ini agak lebih panjang yakni 1,3-1,6 cm fungsinya sebagai daya cengkeram sepatu ke lapangan agar lebih kuat.

Perhatikan Tali Sepatu

Dalam membeli sepatu bola jangan lupa juga dengan talinya, ini juga bagian penting dari sepatu bola. Jika sepatu yang ingin Anda beli original, begitu pula dengan talinya harus original juga. Bagaimana cara mengetahui tali sepatu original atau tidak? Begini caranya, Anda dapat mengendorkan sedikit bahan talinya, lalu disesuaikan dengan sepatu yang akan Anda gunakan.

Kemudian perhatikan pula dengan posisi ikatan sepatunya. Kebanyakan orang menali sepatunya dengan posisi menyilang. Posisi ini adalah ikatan yang paling kuat dan mampu menjaga kestabilan sehingga membuat pergerakan pemain lebih progresif. Entah itu saat menerima hentakan, ketika berlari, atau menendang bola. Posisi ini juga memberikan kontrol bola yang lebih fleksibel.

Logo dan Harga

Ketika Anda sudah memilih dengan mantap sepatu bola yang ingin dibeli, pastikan barang tersebut adalah original alias asli punya. Anda bisa mengecek dari packaging-nya atau kardus, untuk mengetahuinya liat nomor produk dan logo apparel-nya. Jika beli sepatu Nike pastikan terbungkus di dalam kardus berwarna orange dan terdapat logo swoosh putih di atasnya. Jika Anda membeli sepatu bola Adidas pastikan pula kardusnya terdapat 3 garis putih beserta logo Adidas Performance, dan untuk sepatu bola Puma kardusnya berwarna merah dengan logo kucing puma warna putih.

Lalu soal harga, Anda jangan tergiur untuk membeli barang dengan harga murah karena memang harga tidak bisa berbohong dengan kualitasnya. Sebaiknya sebelum Anda membeli di toko, cek dulu atau browsing harga sepatu bola asli, Anda bisa bandingkan kemudian. Jadi jangan sampai tertipu barang palsu ya guys.

Waktu Terbaik Membeli Sepatu

Anda yang hobi bermain sepakbola atau berprofesi sebagai pemain sepakbola tentu Anda selalu membeli sepatu bola dalam kurun waktu tertentu, entah itu karena sepatu yang sudah termakan waktu atau untuk dipakai di beberapa jenis lapangan.

Ada yang mengatakan kapan sebaiknya waktu yang paling ideal untuk membeli sepatu? Para pakar medis bilang setelah kita melakukan aktivitas sehari-hari ukuran kaki bisa membesar dan ini memang banyak orang yang tidak tahu bahkan oleh pemain sepakbola profesional. Kok bisa begitu? Peneliti mengatakan bahwa ukuran kaki dapat membesar berbanding lurus dengan aktivitas olahraga yang dilakukan sehingga tanpa disadari kaki berubah. Jadi pada saat itu lah waktu yang tepat untuk membeli sepatu bola sehingga sepatu bola pas dengan ukuran kondisi kaki yang terbesar.

 

baca juga artikel lainnya

http://www.sportsclubtalagabestari.com/sering-sakit-kepala-saat-bangun-tidur/

Article by Pantai Mutiara Sports Club

Pantai Mutiara Sports Club terletak di tepi laut Jakarta, melayani lebih dari 30 tahun, dengan fasilitas lengkap seperti lapangan mini soccer, kolam renang, aerobic studio, yoga studio, functional training, tempat gym, badminton, tenis meja, dan basket. Olah raga semakin seru & asyik dengan suasana tepi laut Jakarta.

0 Comments

Leave your comment