Saat banjir melanda tentunya masyarakat sangat mengeluhkan kesulitan menemukan air bersih dikarenakan hujan yang tak kunjung berhenti mengakibatkan gorong-gorong, kali ataupun got tidak mampu menampung deresnya air sehingga air tesebut meluap memasuki rumah warga. Dari situ sumur terendam,sapitank meluap, warga sulit mendapat air bersih. Kesulitan warga akibat kotornya air yaitu susah untuk minum, mencari makanan yang higenis, mencuci baju dan melakukan kegiatan rumah tangga lainnya. Adapaun penyakit yang bermunculan diantaranya :

  1. Infeksi jamur

Infeksi jamur atau kandidosis intertriginosa dapat timbul pada para korban banjir. Ini dikarenakan kondisi kulit tubuh yang lembap dalam jangka waktu lama. Jamur juga semakin cepat berkembang biak karena kotornya air banjir.

Biasanya infeksi jamur ditandai dengan timbulnya kemerahan basah dan gatal di area lipatan, seperti jari kaki, paha, atau ketiak yang terasa gatal.

“Untuk mencegah penyakit ini, usahakan kulit tidak terlalu lama dalam kondisi lembap. Segera keringkan area lipatan saat memungkinkan,” kata dr. Mely melalui sambungan Whatsaap.

  1. Infeksi kulit karena cacing larva

Kulit mengalami peradangan karena masuknya cacing larva ke dalam kulit. Infeksi ini ditandai dengan tonjolan kemerahan yang berkelok seperti ular, disertai dengan rasa panas pada kulit. Cacing larva biasanya banyak di dalam air sehingga pada keadaan banjir kondisinya meningkat.

  1. Infeksi bakteri

Infeksi bakteri pada kulit saat banjir bisa menimbulkan bisul, kutu air, panu, dan lainnya. Pada kondisi banjir, risiko trauma fisik dapat meningkat. Jika terjadi luka dapat menjadi pintu masuk kuman atau bakteri.

Hal itu memicu reaksi kulit yang ditandai dengan benjolan kemerahan, nyeri, dan bernanah. Bila ada luka, pastikan tidak terendam air banjir agar tidak kemasukan lebih banyak bakteri.

 

  1. Cedera traumatis

Air banjir mengandung tanah yang membuat banyak orang sulit melihat pijakan. Besar sekali kemungkinan terkena cedera traumatis seperti kulit tergores kaca, tongkat, atau digigit binatang. Ini bisa membuat kulit terluka, alergi, hingga infeksi.

so, jagalah keluarga kita dari bahaya nya air yang kotor saat banjir.

 

baca juga artikel lainnya

http://www.splashgosports.co.id/tak-sempat-olahraga-lakukan-gerakan-ini-untuk-meregangkan-otot-di-meja-kerja/

Article by Pantai Mutiara Sports Club

Pantai Mutiara Sports Club terletak di tepi laut Jakarta, melayani lebih dari 30 tahun, dengan fasilitas lengkap seperti lapangan mini soccer, kolam renang, aerobic studio, yoga studio, functional training, tempat gym, badminton, tenis meja, dan basket. Olah raga semakin seru & asyik dengan suasana tepi laut Jakarta.

0 Comments

Leave your comment