Apakah Anda tergolong orang yang gemar berolahraga? Kita tidak bisa menampik fakta bahwa kita semua memerlukan olahraga untuk meningkatkan dan juga kesehatan. Dengan berolahraga, tubuh akan berkeringat. Keluarnya keringat seringkali diasosiasikan dengan tubuh yang sehat. Sebab saat berkeringat, tubuh menghanguskan kalori dan lemak yang menyebabkan proses pembakaran dalam tubuh terjadi secaran optimal. Dengan begitu, kesehatan pun akan meningkat disertai dengan perbaikan daya tahan tubuh.

Namun ternyata, di samping sebagai sarana meningkatkan kesehatan, terdapat pula beberapa orang yang melakukan olahraga dengan maksud tertentu. Salah satu tujuannya adalah untuk membangun otot-otot tubuh. Oleh karenanya, bila di waktu silam, pergi ke gym guna fitness masih menjadi aktivtias bagi kaum adam, maka kini tidak lagi. Fitness di gym sekarang sudah menjadi semacam gaya hidup bagi siapa saja, baik pria maupun wanita, tua ataupun muda, terutama pada masyarakat perkotaan yang memiliki pola hidup yang rentan stress. Ketika rasa lelah dan jenuh sudah mendera, maka mereka memerlukan relaksasi guna meredakan otot-otot yang tegang. Oleh karena itu, pergi ke tempat gym menjadi merupakan salah satu solusi yang dianggap paling cepat untuk meredakan stress sekaligus membawa hasil yang positif.

Alat di gym secara umum dibagi ke dalam dua bagian, yakni alat fitness freeweight dan body weight training station.

Apa saja jenis-jenis alat gym tersebut? Berikut ulasannya:

Sumber gambar: Rdellatraning.com

Alat Fitness Freeweight

Freeweight adalah alat yang berbentuk beban dan mudah dibawa dan dipindahkan. Latihan-latihan memakai alat fitness freeweight memiliki sejumlah keuntungan, antara lain.

  • Efisiensi tinggi karena dapat dipakai untuk sekian banyak macam variasi latihan.
  • Jumlah dari kalori yang mengalami pembakaran jauh lebih besar.
  • Menambah kekuatan fisik secara efektif.
  • Mudah dibawa dan ditaruh di mana saja.

Berikut ini ialah beberapa macam jenis-jenis alat gym fitness yang tergolong dalam kategory freeweight :

  1. Dumbbell – Salah satu perangkat fitness basic yang sangat populer. Dumbell sendiri merupakan alat yang terdiri dari 2 buah beban yang dihubungkan oleh sebatang besi yang cukup pendek. Selain itu, dumbbell juga merupakan alat yang sangat mudah ditemui nyaris pada masing-masing gym yang kita kunjungi dan ukurannya bervariasi sesuai dengan berat beban. Karena penggunaannya yang mudah dan tidak membutuhkan ruangan yang luas, maka dumbell dianggap sebagai alat paling praktis. Selain itu, dumbell juga bisa menjadi sarana untuk melakukan berbagai gerakan fitness yang tidak terbatas.
  2. Weight plates – Alat fitness yang satu ini ialah beban yang berbentuk cakram yang datar dan berat dari logam. Pada umumnya ia terbuat dari bahan besi dan dilapisi cat spesifik untuk menangkal karat. Weight plates dapat dipakai terpisah sebagai alat latihan yang independen atau sebagai beban ekstra buat jenis-jenis alat gym
  3. Medicine ball – Medicine ball atau bola kebugaran ialah sebuah bola karet yang elastis dengan ukuran diameter yang kurang lebih selebar bahu orang dewasa dan umumnya dipakai buat latihan-latihan yang tidak terlalu berat, yakni pada saat melakukan rehabilitasi dan pemulihan otot pasca cedera. Alat fitness ini jua kadang-kadang digunakan pada sekolah-sekolah pada ruang belajar olahraga untuk anak-anak.
  4. Weighted bar – Sesuai namanya, weighted bars ialah sebatang besi dengan beban yang berguna untuk menjadi pemberat bagi alat lainnya.
  5. Kettlebells – Kettlebells sendiri ialah alat fitness berbentuk bola yang dibuat dari besi dengan handel yang membuatnya mudah diangkat. Dibalik bentuknya yang sederhana, ternyata ada bermacam variasi gerakan pelajaran dapat dilaksanakan menggunakan alat fitness ini. Dengan berat bervariasi antara 4 kg sampai 79 kg, pelajaran memakai kettlebells bermanfaat mempertinggi koordinasi otot selain melatihnya menjadi lebih kuat dan memiliki massa yang lebih besar. Kettlebells jua lazim dipakai sebagai alat-alat generik dalam olahraga atletik.
  6. Barbell – Barbell adalah dumbell yang dibuat dalam bentuk lebih besar. Alat fitness yang satu terdiri dari 2 buah beban yang terhubung oleh sebatang besi yang lebih panjang dari dumbell, lazimnya berkisar antara 1.2 sampai 2.4 meter. Diameter dari batang besi tersebut juga beragam, mulai dari 25 milimeter hingga 51 milimeter.

Untuk mencegah beban bergeser dan jatuh dari besi, maka ada semacam pengaman yang ditaruh dikedua sisi untuk mengunci beban. Di samping itu, kedua beban di setiap sisi dapat dibongkar pasang apabila pengguna ingin merubah bobotnya.

Dalam latihan, barbell harus dipakai menggunakan dua tangan, berbeda dengan dumbbell yang dapat digunakan hanya dengan mengandalkan satu tangan. Oleh sebab itu, barbell sangat cocok untuk melatih otot secara seimbang pada lengan kanan dan kiri.

Body Weight Training Station

Sumber gambar: Amazon.fr

Alat-alat fitness yang masuk dalam kategori body weight training station pada umumnya ialah alat-alat pendukung beberapa body exercise dimana tubuh manusia dijadikan sebagai bebannya, semisal push up atau chin up. Oleh sebab itu, design alat-alat fitness dalam kelompok body weight training station dicocokkan dengan anatomi dari tubuh manusia demi memudahkan penggunaan. Berikut ini ialah beberapa jenis alat fitness body weight training station yang ada.

  1. Matras – Ini adalah salah satu dari sekian banyak jenis-jenis alat gym yang wajib ada di setiap gym. Gunanya adalah untuk mencegah Anda dari benturan keras dengan lantai ketika melakukan berbagai kegiatan latihan.
  2. Dip bar – Alat fitness yang satu ini bermanfaat sebagai penopang tubuh saat kita melakukan dip. Bentuknya adalah berupa dua buah batang pararel yang dipakai untuk berpegangan.
  3. Pull up bar – Sesuai dengan namanya, pull up bar ialah sebuah batang besi yang dipakai untuk mengangkat tubuh ketika melakukan pull-up
  4. Sit up bench – Sama dengan Hyper extension bench, hanya saja bentuknya dirancang untuk melakukan sit up.
  5. Fitness bench – Fitness bench pada dasarnya sama semisal bangku biasa. Hanya saja bangku yang satu ini dipakai untuk berbagai variasi pada latihan-latihan semisal dip, push up, jump, dan lain sebagainya.
  6. Hyper extension bench – Bangku yang satu ini sering menjadi alat untuk melakukan back up. Manfaat yang didapat pada penggunaannya adalah adanya peningkatan otot paha, punggung dan pantat.
  7. Swiss ball – Meskipun berbentuk bola, perangkat fitness yang satu ini mempunyai manfaat yang luar biasa. Dengan menggunakan Swiss Ball, Anda bisa melakukan berbagai macam gerakan dengan tambahan latihan keseimbangan di setiap gerakannya.
  8. Push up grip – Push up grip ialah alat fitness yang bermanfaat untuk memudahkan kita dalam melakukan push up. Jika kita push up dengan perangkat ini, otot dada Anda bakal mendapat penekanan yang lebih dari biasanya.

Nah, itulah jenis-jenis alat gym yang tersedia di gym sebagai sarana bagi Anda untuk melakukan berbagai latihan pembentukan tubuh. Dengan memanfaatkan alat-alat ini, maka Anda akan meperoleh berbagai latihan dengan porsi yang pas dan sesuai dengan tujuan dan bentuk tubuh yang Anda inginkan.

Untuk memperoleh beragam manfaatnya, segera daftarkan diri Anda untuk bergabung menjadi member All Facility Pantai Mutiara Sports Club. Dengan menjadi member di Pantai Mutiara Sports Club, Anda akan bisa menikmati seluruh fasilitas olah raga yang ada di dalamnya.

Atau, jika Anda ingin berenang di Pantai Mutiara Sports Club tanpa menjadi member, juga masih bisa dilakukan yaitu dengan membeli tiket kolam renang. Silahkan kunjungi link berikut untuk harga lainnya: https://www.sportsclubpm.com/harga

Article by Pantai Mutiara Sports Club

Pantai Mutiara Sports Club terletak di tepi laut Jakarta, melayani lebih dari 30 tahun, dengan fasilitas lengkap seperti lapangan mini soccer, kolam renang, aerobic studio, yoga studio, functional training, tempat gym, badminton, tenis meja, dan basket. Olah raga semakin seru & asyik dengan suasana tepi laut Jakarta.

0 Comments

Leave your comment