Kelincahan pemain sepak bola mini saat di lapangan hijau tentunya tak lepas dari adanya latihan dasar sebagai acuan utamanya. Mulai dari latihan fisik hingga mental dilakoni para atlet pesebakbola dimana pun berada. Sangat erat hubungannya antara latihan fisik dan latihan mental. Maka dari itu, keduanya harusnya dibarengi saat akan memulai bertandingan agar pemain dapat selalu menunjukkan potensi terbaik bagi tim juga bagi para pendukung dan penggemarnya.

Bagi anda yang bercita-cita ingin menjadi seorang pesepakbola, anda sangat perlu mengetahui beberapa teknik latihan dasar permainan Mini Soccer agar selalu fit saat bertanding. Berikut adalah beberapa tips bagi anda untuk meningkatkan stamina agar tetap selalu fit.

Latihan Dasar Main Mini Soccer

Latihan Lompat dan Jongkok

Latihan ini dapat membantu anda dalam meningkatkan kekuatan kedua kaki dan kedua otot paha. Praktek ini dapat anda lakukan dalam beberapa menit dan secara teratur sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan anda. Dalam menjaga stamina terutama pada pesepak bola, kekuatan kaki dan otot paha adalah hal yang penting.

Latihan Jalan Cepat

Sambil melakukan senam ringan untuk melenturkan otot-otot anda, anda dapat secara berbarengan melakukan jalan cepat, kemudian berlari kecil, kemudian jalan cepat lagi secara bergantian. Hal ini dapat merelaksasikan otot-otot kaki agar tidak kaku saat bertanding di lapangan. Latihan jalan cepat sangat mudah dilakukan. Selain mudah dan simple, latihan ini juga bisa dilakukan dimana saja.

Lari Zig-zag

Latihan dasar lari zig-zag dapat dilakukan dengan cara meletakkan benda atau tiang dengan jarak yang dapat ditentukan dan kemudian anda diharuskan untuk berlari secara zig-zag untuk melewati tiang-tiang tersebut. Berlari zig-zag membantu anda dalam melatih kelincahan kaki.

Latihan Menangkap Bola

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk melalukan latihan menangkap bola. Seperti memberi jarak antar pelempar dan penangkap, atau menggunakan dinding sebagai pemantul bola untuk ditangkap. Teknik latihan dasar bermain Mini Soccer yang satu ini berguna untuk melatih kelincahan tangan. Apabila anda adalah seorang penjaga gawang atau kipper, lakukanlah latihan ini secara rutin agar anda menjaga penjaga gawang yang handal.

Latihan Merebut Bola

Latihan ini dilakukan dengan tujuan untuk melatih anda fokus dalam pengawasan terhadap bola serta mengetahui gerak-gerik lawan dalam membawakan bola. Latihan ini merupakan latihan yang tepat dalam membaca gerak tubuh lawan sehingga tingkat keberhasilan anda dalam merebut bola tinggi.

Menjaga Stamina Agar Tetap Fit Dalam Bermain Mini Soccer

Selain melakukan latihan dasar secara rutin, anda juga perlu memperhatikan kondisi tubuh saat akan bermain. Jangan lupa untuk istirahat yang cukup dan makanlah makanan yang mendukung kesehatan tubuh anda. Karena percuma saja anda melalukan beberapa teknik latihan dasar untuk menjaga stamina agar selalu fit jika daya tahan tubuh anda lemah akibat kurang tidur dan kurang konsumsi makanan bergizi dan berserat.

Permainan Mini Soccer memang merupakan permainan dengan ukuran lapangan yang kecil dan dengan pemain yang jumlahnya lebih sedikit dibandingkan dengan sepak bola biasa. Namun anda jangan berfikir bahwa dengan jumlah lawan yang sedikit dan lapangan yang lebih kecil anda akan bermain tanpa ada latihan khusus. Anda harus ingat bahwa kesuksesan dalam bermain adalah hasil dari proses latihan yang baik.

Semoga bermanfaat. Selamat mencoba!

Article by Pantai Mutiara Sports Club

Pantai Mutiara Sports Club terletak di tepi laut Jakarta, melayani lebih dari 30 tahun, dengan fasilitas lengkap seperti lapangan mini soccer, kolam renang, aerobic studio, yoga studio, functional training, tempat gym, badminton, tenis meja, dan basket. Olah raga semakin seru & asyik dengan suasana tepi laut Jakarta.

0 Comments

Leave your comment