Salah satu olahraga favorit sepanjang masa adalah sepak bola. Seiring berkembangnya waktu, olahraga ini memiliki cabang tersendiri. Seperti futsal dengan spesialisasi indoor. Satu lagi turunan dari sepak bola yakni mini soccer. Yang dalam bahasa Indonesia disebut sepak bola mini. Sistem permainan memang berbeda, salah satunya tidak ada offside. Permainan ini dimainkan oleh 7-9 orang. Perbedaan lain dijelaskan berikut ini:

  1. Federasi Resmi

Seperti olahraga lainnya,sepak bola mini juga memiliki naungan. Didirkan di Tangerang tahun 2016, Federasi Sepakbola Mini Indonesia mulai beroperasi layaknya persatuan lainnya. Federasi ini menjembatani berbagai klub sepakbola mini tanah air. Tidak hanya itu,organisasi tersebut berperan penuh ketika pertandingan antar klub berlangsung.

Selain di Indonesia, Asia dan dunia memiliki federasi juga. Karena olahraga ini sudah menyebar hingga belahan dunia manapun. Tingkat Asia nama naungannya yakni Asia Minifootball Federation (AMF). Tingkat internasional naungannya bernama world Minifootball Federation (WMF). Semua badan ini bertanggung jawab penuh untuk berbagai kompetisi Asia dan internasional.

  1. Bentuk Permainan

Sepakbola mini pelaksanaannya di lapangan terbuka. Hanya saja ukurannya lebih kecil dibandingkan lapangan sepak bola pada umumnya, dan lebih besar dari lapangan futsal. Ukurannya pada nilai 60X40 m. Lapangan dibedakan berdasarkan kelompok usia pemain. Semakin rendah kategori umur, ukuran lapangan juga semakin kecil. Permainan sepakbola mini tidak ada sistem offside.

Pemainnya terdiri dari 7 orang. Ketika pertandingan dimulai, bebas melakukan pergantian pemain. Tidak hanya itu ukuran lapangan yang lebih kecil memudahkan pemain untuk cepat menguasai permainan. Ukuran bola yang digunakan juga berbeda. Untuk sepakbola mini memakai ukuran nomer 4.

  1. Pertandingan Tingkat Internasional

Pada tahun 2015, telah diadakan kompetisi sepakbola mini tingkat dunia. Negara Amerika serikat sebagai tuan rumahnya. Para pemain Amerika Serikat berhasil mengalahkan Meksiko. Mereka keluar sebagai juara pertamanya. Selain itu pemain Amerika dinobatkan sebagai pemain terbaik dan pencetak hingga gol terbanyak. Pertandingan ini telah diikuti oleh 12 negara.

Karena pertandingan ini masih diikuti sedikit Negara, tidak semua negara mengenal sepakbola mini. Walaupun hanya sedikit, negara-negara maju ikut ambil bagian dalam pertandingan. Ke depannya akan jauh lebih banyak negara yang mengikuti.

  1. Pertandingan Di Indonesia

Pertandingan sepakbola mini di Indonesia saat ini sudah kedua kalinya. Dengan nama pertandingan pertama kali berbeda dengan yang kedua. Pertama kali bernama Indonesia Minifootball League. Sedangkan yang pertandingan kedua dinamakan Fanatic Indonesia Minifootball League. Perbedaan nama ini karena pergantian pihak sponsor yang turut andil dalam pertandingan. Liga sepakbola mini diselenggarakan oleh Indonesia Mini Football Federation.

  1. Jumlah Klub Sepakbola Mini

Klub yang tergabung dalam sepakbola mini di Indonesia lumayan banyak. Ada 20 klub yang berasal dari seluruh Indonesia. Jika dalam suatu pertandingan umumnya terbagi ke dalam dua grup. Grup tersebut dinamakan grup A dan B. Setiap 10 klub harus bertanding dengan sistem kandang tandang. Jika beberapa klub yang berlaga memasuki peringkat 1-4, maka otomatis masuk ke laga delapan besar.

Babak delapan besar dimainkan dalam tiga sistem bermain. Sistemnya meliputi kandang tandang, promosi serta degradasi. Yang tersedia dalam 1 musim. Sistem yang diberlakukan sedikit berbeda dengan sepakbola biasa.

Sepakbola mini memang sudah dikenal di Indonesia. Tidak hanya untuk usia dewasa, usia anak-anak dan remaja bisa mengikuti permainan ini. Sepakbola mini memang sedikit berbeda, tetapi sudah menjamur di negara kita. Karena cabang dari sepakbola, yang mana olahraga ini memang favoritnya masyarakat kita.

 

Article by Pantai Mutiara Sports Club

Pantai Mutiara Sports Club terletak di tepi laut Jakarta, melayani lebih dari 30 tahun, dengan fasilitas lengkap seperti lapangan mini soccer, kolam renang, aerobic studio, yoga studio, functional training, tempat gym, badminton, tenis meja, dan basket. Olah raga semakin seru & asyik dengan suasana tepi laut Jakarta.

0 Comments

Leave your comment