Untuk kaum lelaki pastinya tidak asing lagi dengan yang namanya olah raga sepak bola. Namun ada beragam jenis sepak bola yang kita dengar saat ini, salah satunya adalah futsal. Olah raga futsal ini mulai populer di Indonesia sejak tahun 2002. Mari kita simak penjelasannya lebih lanjut.

Sejarah Futsal dan Mini Soccer di Indonesia

Futsal masuk ke Indonesia pada Oktober 2002. Ketika itu, Indonesia ditunjuk sebagai tuan rumah kejuaraan futsal tingkat ASEAN. Kemudian olah raga futsal langsung merambat dan berkembang pesat di kalangan anak muda Indonesia.

Tempat-tempat persewaan lapangan futsal pun kini semakin tersebar luas di kota-kota besar. Kini tidak hanya kalangan remaja Indonesia yang menggemari olahraga ini, namun kalangan anak-anak juga mulai ikut menggemarinya.

Beda dengan Minisoccer, yang baru masuk di Indonesia pada tahun 2014. Dilansir dari Bola.net, 16 dan 17 Agustus 2014 menjadi sejarah baru untuk sepakbola nasional. Sabnani Park bersama Koran Harian Bola dan di dukung penuh oleh Bola.net dan juga Oz Radio 90.8 Fm menggelar kompetisi Mini Soccer Pertama di Indonesia.

Kemudian di tahun 2016, Federasi Sepakbola Mini Indonesia (FSMI) resmi dideklarasikan di Sabnani Park, Tangerang Selatan, 7 Februari 2016.

“Organisasi ini akan mengenalkan sekaligus memassalkan permainan sepakbola yang enerjik dan taktis. FSMI atau IMF akan berafiliasi dengan dua badan dunia yaitu World Minifootball Federation (WMF) serta Asian Minifootball Confederation (AMC),” kata Andibachtiar Yusuf, presiden FSMI melalui rilis resminya.

Seperti halnya Futsal, lapangan mini soccer mulai menjamur di beberapa tempat. Oceano Football Stadium salah satunya. Satu-satunya lapangan indoor mini soccer bertaraf internasional yang pertama di Indonesia.

Bagaimana Lapangan Futsal dan Minisoccer?

Futsal merupakan olah raga hasil modifikasi dari sepak bola biasa yang dilakukan di lapangan berumput nan luas. Untuk pertama kalinya, seorang Juan Carlos Ceriani memperkenalkan permainan futsal ke sebuah kompetisi remaja. Dimana pada tahun 1930 tepatnya di Uruguay pada waktu itu Juan membatasi pemain dalam pertandingan dengan jumlah hanya 5 pemain dalam satu tim. Pertandingan bukan berlangsung di lapangan rumput yang luas melainkan berlangsung di lapangan basket yang beralaskan partikel kayu.

Asal kata Futsal sendiri berasal dari bahasa Portugis yaitu “Futebol de salao” yang berarti sepak bola ruangan. Jika diartikan maka futsal adalah sepak bola dalam ruangan. Pemain futsal sendiri terdiri dai 5 orang pemain dalam tiap tim. Permainan ini akan semakin seru karena tempatnya yang berlangsung di dalam ruangan, sangat digemari para pria khususnya karena permainan akan tetap berlangsung meskipun cuaca dalam keadaan hujan.

Lalu, apakah Futsal sama dengan Mini Soccer? Keduanya sama-sama berada di dalam ruangan (indoor). Namun, setidaknya ada 5 (lima) beda Futsal dan Minisoccer berikut ini:

Perbedaan Mini Soccer dan Futsal

Pertama, jumlah pemain dalam permainan Mini Soccer adalah 7 orang pada tiap tim, sedangkan jumlah pemain Futsal hanya 5 orang saja dalam satu tim. Strategi susanan dalam permainan Mini Soccer adalah 4-4-2 atau 4-4-3 sedangkan di Futsal, yang biasa digunakan adalah susunan 2-1-1 atau 1-2-1.

Kedua, ukuran lapangan Futsal lebih kecil dari pada Mini Soccer. Lapangan Futsal memiliki ukuran panjang 24-43 meter sementara lebarnya 15-25 meter. Ukuran lapangan Mini Soccer yang sudah ditetapkan adalah 12.5 X 25 meter.

Ketiga, lapangan Mini Soccer yang biasa digunakan adalah rumput yang berbentuk persegi empat dan Futsal adalah lantai ubin sebagaimana lapangan bola basket. Dengan demikian alas kaki ataupun sepatu sangat berperan dalam hal ini, dimana pemain Mini Soccer diharuskan memakai sepatu yang bawahnya berpul berbahan karet, sementara pemain Futsal memakai sepatu yang bawahnya rata berbahan karet.

Keempat, perbedaan ukuran bola Futsal adalah nomor 4 dengan berat mencapai 400-440 gram sedangkan ukuran bola pada Mini Soccer adalah nomor 5 dengan berat antara 410-450 gram. Perbedaan tersebut didasarkan pada daya pantul di kedua alas permainan sepak bola ini dimana keduanya memiliki perbedaan tekstur alas.

Kelima, Futsal dan Mini Soccer sama-sama berlangsung dalam dua babak. Yang membedakannya hanya durasinya. Pada permainan Mini Soccer permainan berlangsung 2×45 menit, sudah termasuk pergantian pemain, pelanggaran dan lainnya. Sedangkan dalam permainan Futsal, durasi cukup 2×20 menit tetapi tidak termasuk time out dan lainnya.

Apakah Mini Soccer dan Futsal Aman Untuk Anak?

Untuk para orang tua jangan khawatir, kedua permainan tersebut aman untuk kalangan anak-anak. Mengapa? Kita perlu tahu bahwa olah raga harus dilatih sejak usia dini. Dimana banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dengan berolahraga. Begitu pula dengan anak-anak. Olah raga Futsal dan Mini Soccer bisa dijadikan sebagai langkah awal bagi mereka untuk menjadi pesepak bola terkenal.

Hal ini sama dengan pemain sepak bola internasional lainnya, awal pertamanya mereka bermain futsal untuk melatih kemampuan secara individu karena teknik-teknik dalam permainan futsal banyak yang terpakai dalam permainan sepak bola. Permainan sepak bola juga dapat melatih kerja sama antara setiap anak serta melatih disiplin dan tanggung jawab.

Dalam hal ini, setiap anak yang bermain sebaiknya dilengkapi dengan sepatu yang sesuai dengan standart permainan Mini Soccer dan Futsal yang sudah ditentukan. Bola yang digunakan juga berbahan karet dan daya pantulannya sudah disusun sedemikian rupa untuk meminimalisasikan adanya cidera pada setiap pemain. Meski demikian, dalam permainan Mini Soccer ataupun Futsal pada anak tetap harus diawasi oleh orang tua atau orang dewasa lainnya.

Oceano Football Stadium di Pantai Mutiara Sports Club

Oceano Football Stadium dibangun untuk memenuhi hasrat para penggila sepak bola di tanah air. Dengan luas lapangan lebih dari 1800 m2 di kawasan hampir 40.000 m2 ini, Oceano Football Stadium telah menjadi idola dan homebase bagi para pelatih nasional dan pemain muda untuk berprestasi dalam kancah nasional bahkan internasional.

Oceano Football Stadium menggunakan rumput sintetis ber-grade A dengan standard FIFA, kualitas terbaik dari Italia. Kamar bilas yang dilengkapi water heater dan air conditioner menjadi salah satu excellent service yang diberikan Pantai Mutiara Sports Club bagi para pemain selepas berolah raga. Ruang tunggu yang nyaman, area tribune penonton yang dilengkapi charging hape dan menikmati dinginnya juice segar di De Bleu Café, seakan–akan memberikan kelas eksklusif tersendiri bagi para pemain dan penonton.

Dan kabar baiknya, booking lapangan di Oceano Football Stadium sekarang sudah bisa online lho. Jadi, kalian bisa booking lapangan tanpa repot datang ke lokasi, atau mau cari slot yang kosong juga bisa.

Buat kalian yang belum tahu caranya booking, bisa langsung tonton video tutorial disini.

Kapan lagi main bola di satu-satunya lapangan indoor minisoccer bertaraf internasional yang pertama di Indonesia? Hanya di Oceano Football Stadium tempatnya.

Sudah begitu, terdapat fasilitas yang lengkap berlokasi di Pantai Mutiara Sports Club Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara.

Ayo ajak teman-temanmu bermain di sini ya.

Jam operasional: 06:00 s/d 24:00 WIB
Booking online: www.oceanofootball.com
Info booking lapangan: 0859-5974-2020

Article by Pantai Mutiara Sports Club

Pantai Mutiara Sports Club terletak di tepi laut Jakarta, melayani lebih dari 30 tahun, dengan fasilitas lengkap seperti lapangan mini soccer, kolam renang, aerobic studio, yoga studio, functional training, tempat gym, badminton, tenis meja, dan basket. Olah raga semakin seru & asyik dengan suasana tepi laut Jakarta.

0 Comments

Leave your comment