Sumber gambar: hellosehat.com

Saat berpuasa, tubuh mungkin terasa lemas karena tidak diisi oleh asupan nutrisi dalam waktu cukup lama. Tubuh yang lemas ini jelas membuatmu enggan untuk melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga. Padahal tidak ada salahnya sama sekali jika kamu tetap berolahraga selama berpuasa karena tubuh justru akan terasa lebih bugar.

Meski begitu, olahraga saat berpuasa tentu tidak dapat dilakukan secara sembarangan. Ada beberapa pantangan yang harus dipatuhi agar olahraga selama puasa tidak mengganggu ibadahmu. Apa saja? Berikut ini beberapa hal yang harus dihindari saat olahraga di waktu puasa.

1. Berolahraga di waktu yang salah

Hal pertama yang harus dihindari adalah berolahraga di waktu yang salah. Waktu olahraga yang tidak tepat untuk kamu yang sedang berpuasa adalah di pagi hari karena akan langsung menguras energimu dalam satu hari. Olahraga di waktu seperti ini hanya akan membuat energimu terkuras dan tidak dapat menjalankan ibadah puasa dengan sempurna.

Sebagai gantinya, kamu bisa berolahraga 2-3 jam setelah berbuka puasa. Pada waktu-waktu tersebut, tubuh sudah mendapatkan cukup asupan nutrisi dan kamu tidak rentan terhadap risiko dehidrasi. Jika kamu merasa kuat, olahraga di sore hari menjelang waktu berbuka juga bisa dilakukan. Udara relatif lebih sejuk di sore hari sehingga tubuh tidak akan terlalu banyak berkeringat dan memunculkan gejala dehidrasi.

Sumber gambar: hellosehat.com

2. Memilih jenis olahraga yang salah  

Tidak semua jenis olahraga cocok dilakukan saat berpuasa. Ada beberapa olahraga yang terlalu berat dan dapat menghabiskan energi jika dilakukan saat sedang berpuasa. Misalnya latihan angkat beban karena bisa menghasilkan gula glikogen yang membuat tubuh cepat merasa lelah. Lalu, apa saja olahraga yang bisa dilakukan saat sedang berpuasa?

Kamu bisa melakukan olahraga ringan seperti jogging dan bersepeda statis. Meski ringan, keduanya merupakan latihan kardio yang baik untuk melatih sistem kerja organ jantung. Kamu juga bisa menentukan tingkat kesulitannya sehingga jika sudah merasa lelah pun bisa langsung mengakhiri sesi olahraga.

3. Olahraga secara mendadak

Kesalahan olahraga saat sedang berpuasa lainnya adalah olahraga secara mendadak. Mendadak di sini maksudanya adalah olahraga yang tidak diawali dengan pemanasan. Padahal pemanasan dalam olahraga berfungsi untuk mempersiapkan tubuh. Melewatkan pemanasan hanya akan membuat kamu rentan terkena cedera.

Untuk itu, lakukanlah pemanasan sebelum berolahraga. Jika kamu memutuskan untuk jogging, lakukan stretching terlebih dulu. Jogging pun sebaiknya dilakukan secara perlahan dengan menambah tempo secara bertahap. Kamu juga sebaiknya melakukan olahraga secara teratur agar tubuh terbiasa.

4. Tidak didukung dengan asupan yang tepat

Selain karena salah memilih jenis olahraga, asupan nutrisi yang tidak tepat ternyata juga bisa memengaruhi kualitas olahragamu saat berpuasa. Terlebih saat berpuasa, waktu makanmu berkurang sehingga ada kemungkinan jumlah asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh tidak sesuai dengan kebutuhan.

Padahal tanpa adanya nutrisi yang cukup, tubuh akan terasa lemas saat berolahraga. Untuk itu, kamu sebaiknya mengonsumsi karbohidrat kompleks dan juga serat karena indeks glikemiknya rendah. Di waktu sahur, kamu bisa mengonsumsi makanan dengan kadar lemak tinggi untuk mencegah rasa lapar timbul lebih cepat.

Sumber gambar: hellosehat.com

5. Kurang istirahat

Istirahat juga sedikit banyak mempengaruhi kualitas olahragamu saat berpuasa. Dengan durasi yang tepat, istirahat akan membuat tubuhmu tetap fit sehingga kuat untuk berolahraga. Pastikan kamu memenuhi waktu tidur yang diperlukan, yakni 7-9 jam setiap harinya.

Kamu juga bisa menambahnya dengan istirahat berdurasi singkat di siang hari. Rilekskan tubuh selama 30 menit di siang hari, maka kamu akan merasa segar kembali. Intinya, usahakan untuk selalu memenuhi kebutuhan istirahat tubuh, ya!

Olahraga di waktu puasa mungkin terasa berat saat dilakukan. Tubuh yang tidak terisi makanan dan minuman di siang hari tentu terasa lemas jika diajak berolahraga. Agar kamu bisa tetap berolahraga selama bulan Ramadan, hindarilah lima hal yang sudah dibahas dalam artikel ini. Sehat selalu!

Article by Pantai Mutiara Sports Club

Pantai Mutiara Sports Club terletak di tepi laut Jakarta, melayani lebih dari 30 tahun, dengan fasilitas lengkap seperti lapangan mini soccer, kolam renang, aerobic studio, yoga studio, functional training, tempat gym, badminton, tenis meja, dan basket. Olah raga semakin seru & asyik dengan suasana tepi laut Jakarta.

0 Comments

Leave your comment